Skripsi Matematika
Penerapan Algoritma C4.5 Untuk Mengetahui Tingkat Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Toko Craft Palu, Jl. Setia Budi)
Kepuasan pelanggan merujuk pada tanggapan yang ditunjukkan oleh pelanggan
sebagai hasil evaluasi persepsi terhadap perbedaan antara harapan awal sebelum
pembelian dan kinerja jasa setelah pembelian. Beberapa faktor tertentu
memengaruhi proses pembelian dan kinerja jasa, seperti ketidakpastian jam
operasional toko dan ketersediaan stok barang yang terbatas. Masalah ini
berdampak pada kepuasan pelanggan, terutama di toko Craft Palu. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan dan tingkat
akurasi menggunakan metode decision tree tepatnya Algoritma C4.5. Dalam
penelitian ini, variabel pengukuran kepuasan pelanggan di toko Craft Palu yang
digunakan adalah Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan
Empathy. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh bahwa Reliability merupakan
variabel yang paling berpengaruh dengan nilai indeks sebesar 80,6% reponden
puas pada peryataan ke-5 dan hasil uji akurasi menggunakan Algoritma C4.5
pada software python menunjukkan adanya peningkatan dengan hasil akurasi
akhir yang cukup baik sebesar 90% sehingga Algoritma C4.5 cocok digunakan
untuk mengukur kepuasan pelanggan.
Kata Kunci : Algoritma C4.5, Decision Tree, Kepuasan Pelanggan, Python
Tidak tersedia versi lain