PERPUSTAKAAN FMIPA UNIV. TADULAKO

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi Farmasi

Evaluasi tingkat kepuasan pasien peserta bpjs terhadap pelayanan kefarmasian di instalasi rawat jalan Rumah Sakit Umum Daerah Anutaloko Parigi

Dessy Natalia Dondoka Mbey - Nama Orang;

Kepuasan pasien merupakan suatu tolak ukur keberhasilan suatu pelayanan dengan kinerja yang diberikan. Pelayanan kefarmasian merupakan suatu pelayanan langsung dan bertanggung jawab pada pasien, dengan adanya bantuan sosial kesehatan seperti BPJS kesehatan, sangatlah mempermudah pasien yang membutuhkan dalam mengontrol kesehatannya, namun seringkali pelayanannya dibedakan antara pasien umum dan BPJS. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mengevaluasi tingkat kepuasan pasien peserta BPJS terhadap pelayanan kefarmasian di instalasi rawat jalan RSUD Anuntaloko Parigi. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif kuantitatif (non eksperimental) dengan jumlah sampel yaitu 200 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan menggunakan kuesioner. Data kemudian dianalisis menggunakan metode ServQual gap, Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance and Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukan nilai gap tiap dimensi yaitu reability (kehandalan) (-0,4175), responsiveness (tanggap) (-0,406), assurance (kepastian) (-0,282), emphaty (empati) (-0,392), dan tangible (dimensi berwujud) (-0,61) berada pada kategori cukup puas, dan untuk tingkat kepuasan dengan menggunakan metode pengukuran CSI juga termasuk dalam kategori cukup puas dengan nilai Customer satisfaction index (CSI) sebesar 78,44%. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu tingkat kepuasan pasien peserta BPJS rawat jalan di RSUD Anuntaloko Parigi berada pada kategori cukup puas dan terdapat 2 atribut pelayanan yang harus diprioritaskan untuk perbaikan yaitu atribut nomor 2 dimensi reliability (kehandalan), dan atribut nomor 7 dalam dimensi responsiveness (daya tanggap) yaitu terkait keramahan petugas dalam pelayanan dan respon petugas dalam melayani pasien. Kata Kunci : Kepuasan, BPJS, pelayanan kefarmasian, Rumah Sakit


Ketersediaan
#
My Library (Farmasi) 615.072 DES e
2022.404-C. 1
Tersedia
#
My Library (Farmasi) 615.072 DES e
2022.405-C. 2
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
615.072 DES e
Penerbit
Palu : FMIPA Universitas Tadulako Jurusan Farmasi., 2022
Deskripsi Fisik
xv, 95 hlm,; ilus.; 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
G 701 18 099
Klasifikasi
615.072
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dessy Natalia Dondoka Mbey
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN FMIPA UNIV. TADULAKO
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?