Skripsi Matematika
Pengambilan alternatif keputusan pembelian masker menggunakan metode smart (studi kasus : mahasiswa matematika fmipa untad)
Masker digunakan untuk mencegah orang sakit agar tidak menulari orang lain
melalui droplet atau semprotan cairan dari mulut atau hidung. Masker yang
beredar di pasaran beragam, sehingga banyak konsumen yang mempertimbangkan
untuk memilih masker yang dibeli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
penyebab konsumen memutuskan membeli suatu barang dengan melihat berbagai
kriteria dalam marketing mix. Oleh karena itu, perlunya suatu sistem keputusan
alternatif prioritas dalam memilih masker sesuai dengan marketing mix. Salah satu
metode untuk menentukan pilihan prioritas adalah Simple Multi Attribute Rating
Technique (SMART). Metode SMART terdiri dari beberapa kriteria terbobot yang
digunakan untuk mengevaluasi setiap pilihan untuk mendapatkan pilihan terbaik.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa variabel keputusan pembelian masker
dengan urutan pertama berdasarkan citra merek, urutan kedua harga, urutan ketiga
kualitas produk, urutan keempat ketersediaan barang, urutan kelima kenyamanan,
urutan keenam desain produk, dan urutan terakhir yaitu warna produk.
Kata kunci : Alternatif, Keputusan Pembelian, Masker, SMART
Tidak tersedia versi lain