PERPUSTAKAAN FMIPA UNIV. TADULAKO

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi Matematika

Klasifikasi tingkat kecanduan game online menggunakan algoritma k-nearest neighbour (k-nn) serta kolerasinya terhadap prestasi akademik siswa (studi kasus : sman 3 luwu timur

Monica Febriana Scarlett - Nama Orang;

Game online merupakan hobi yang populer dikalangan remaja saat ini yang bisa
membuat seseorang ingin bermain game online secara terus menerus dan dapat
menyebabkan kecanduan. Dilihat dari permasalahan tersebut maka perlu dilakukan
suatu pendekatan matematika untuk mengklasifikasikan tingkat kecanduan. Salah
satu metode yang dapat digunakan yaitu metode K-Nearest Neighbour (K-NN).
K-Nearest Neighbour (K-NN) adalah metode untuk melakukan klasifikasi data
terhadap objek penelitian berdasarkan data pembelajaran yang jaraknya paling
dekat dengan objek. Penelitian ini mengambil data sampel kuesioner dari siswa
SMAN 3 LUWU TIMUR yang selanjutnya akan diklasifikasikan dan dilihat
korelasi antara tingkat kecanduan game online terhadap prestasi akademik. Nilai K
terbaik diperoleh menggunakan metode k-fold cross validation yaitu K=9. Dengan
menggunakan 45 data sebagai data uji diperoleh hasil 2 data terklasifikasi
kecanduan berat, 20 data terklasifikasi kecanduan sedang dan 23 data terklasifikasi
kecanduan ringan. Hasil akurasi diperoleh sebesar 71% dengan Nilai pearson
correlation sebesar 0.356 artinya menunjukkan hubungan yang negatif bahwa
semakin tinggi kecanduan game online semakin rendah pula prestasi akademik.
Koefisien korelasi sebesar 0.356 dapat disimpulkan bahwa nilai korelasi rendah
karena berada pada rentang 0.20 – 0.399.

Kata kunci : Game online, K-Nearest Neighbour (K-NN), k-fold cross validation, Korelasi.


Ketersediaan
#
My Library (Matematika) 510.072
2023.171-C. 1
Tersedia
#
My Library (Matematika) 510.072
2023.172-C. 2
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
510.072
Penerbit
Palu : FMIPA Universitas Tadulako Jurusan Matematika., 2022
Deskripsi Fisik
xix, 71 hlm, ilus.; 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
G 201 18 017
Klasifikasi
510.072
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Monica Febriana Scarlett
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN FMIPA UNIV. TADULAKO
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?