Skripsi Matematika
Pengambilan keputusan strategi pemasaran terbaik di kafi coffee dengan menggukan metode topsis (technique for others reference by similarity to ideal solution
Memaksimalkan keuntungan untuk mempertahankan bisnis yang ada dibutuhkan
pengambilan keputusan untuk membantu menentukan strategi pemasaran terbaik.
Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan dalam
pemilihan strategi pemasaran terbaik adalah metode TOPSIS (Technique For Others
Reference By Similarity To Ideal Solution) yang merupakan metode pengambilan
keputusan multikriteria yang menggunakan prinsip bahwa alternatif yang terpilih
harus mempunyai jarak terdekat dengan solusi ideal dan jarak terjauh dengan solusi
ideal negatif. Dari hasil perhitungan secara manual diperoleh alternatif dengan kode
A2 yaitu membuat promo diskon di jam tertentu memiliki nilai preferensi tertinggi
yaitu 1, lebih tinggi dibandingkan dengan alternatif A1 yaitu mengadakan event
dengan nilai 0 dan alternatif A3 yaitu bazar dengan nilai 0. Sehingga strategi
pemasaran terbaik adalah membuat promo diskon di jam tertentu karena paling sesuai
dengan kriteria dari kafe kafi coffee, yakni reability/kehandalan,
responsiveness/tanggapan, tangible/berwujud, assurance/kepastian, dan emphaty/
empati.
Kata Kunci : Pengambilan Keputusan, Strategi Pemasaran, Metode TOPSIS
Tidak tersedia versi lain