Skripsi Farmasi
Pengaruh iklan multivitamin terhadap konsumsi multivitamin oleh masyarakat kabupaten tojo una-una
Pada beberapa tahun terakhir, banyak iklan multivitamin di televisi, majalah, maupun media cetak lainnya. Dalam t6ren periklanan global untuk untuk kuartal tiga tahun 2013, menujukkan data pembelian iklan dalam industri kesehatan termasuk farmasi berada di tingkat ketiga. Tujuan pembelian ingin mengetahui persentase konsumsi multivitamin masyarakat Kabupaten Tojo Una-Una mengomsumsi multivitamin, mengetahui sumber media iklan yang sering dijadikan informasi Multivitamin oleh masyarakat Kabupaten Tojo Una-Una, mengetahui pengaruh iklan multivitamin terhadap komsumsi masyarakaqt Kabupaten Tojo Una-Una. Penelitian dilakukan di Kabupaten Tojo Una-Una dengan sampel sebanyak 100 orang menggunakan metode purposive sampling. waktu penelitian selama bulan September-Oktober 2021. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan aplikasi statistik SPSS. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persentase konsumsi multivitamin 88% dan tidak pernah, yaitu 12%, Sumber media iklan yang sering dijadikan sumber informasi multivitamin oleh masyarakat Kabupaten Tojo Una-Una, yaitu televisi dengan persentase sebesar 58%, Secara simultan variabel iklan signifikan berpengaruh terhadap perilaku konsumsi dengan nilai Fitung sebesar 5,716. Secara parsial variabel pesan iklan, musik iklan dan bintang iklan tidak berpengaruh signifikan terhadap komsumsi dengan nilai signifikan terhadap konsumsi dengan nilai signifikan yang lebih besar dari 0,05, sedangkan variabel ilustrasi cerita berpengaruh signifikan terhadap konsumsi multivitamin dengan nilai sig 0,015. Kesimpulan persentase konsumsi multivitamin masyarakat Kabupaten Tojo Una-Una tinggi, informasi multivitamin masyarakat Kabupaten Tojo Una-Una sebagian besar bersumber dari televisi dan ilustrasi cerita signifikan mempengaruhi konsumsi multivitamin masyarakat Kabupaten Tojo Una-Una.
Kata Kunci : iklan, Konsumsi, Multivitamin
Tidak tersedia versi lain