Skripsi Matematika
Menganalisis dan melihat hubungan antara faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan produk mie instan
ABSTRAK
Makanan cepat saji merupakan suatu kemudahan dan kepraktisan dalam pemenuhan kebutuhan pangan, salah satunya adalah mie instan yang banyak dipilih oleh masyarakat. Penelitian ini akan meneliti tentang pertimbangan konsumen dalam pemilihan produk mie instan untuk dikonsumsi. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis faktor untuk mendiskripsikan perilaku konsumen terhadap faktor yang berpengaruh dalam pemilihan produk mie instan di kalangan mahasiswa Matematika di FMIPA dan mengetahui variabel yang paling dominan membentuknya. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan metode analisis korespondensi untuk melihat keterkaitan dan pola hubungan antara faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan produk mie instan. Faktor-faktor yang berpengaruh dalam pemilihan mie instan yaitu kualitas mie, kuantitas mie, rasa dan bumbu, nutrisi, harga, kemasan, promosi serta kemudahan memperoleh. Dari hasil analisis faktor diperoleh faktor eksternal mie merupakan faktor paling dominan untuk variabel Indomie dan Sarimi, karena memiliki nilai eigen terbesar. Sedangkan untuk faktor kualitas produk mie merupakan faktor paling dominan untuk variabek sarimi, karena memiliki nilai eigen terbesar. Kemudian dari hasil analisis korespondensi diperoleh produk mie instan Indomie dan Supermi memiliki rasa dan bumubu serta kualitas mie yang sangat baik., karena mempunyai pola hubungan antara faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan produk mie instan. Sedangkan untuk produk mie instan sarimi memiliki rasa dan bumbu serta kualitas mie biasa saja.
Kata Kunci : Analisis faktor, analisis korespondensi, nilai eigen, mie instan, pemilihan produk mie instan.
Tidak tersedia versi lain